Mau Tahu Cara Agar Awet Muda Secara Alami? Tingkatkan Produksi Kolagen Tubuh

Meningkatkan produksi kolagen terutama pada jaringan kulit  merupakan cara agar awat muda secara alami. Kolagen merupakan faktor penting dalam kecantikan yang tidak boleh Anda remehkan. Mengapa? Adanya kolagen, kulit wajah akan tampak awet muda, kenyal, lembut, bebas keriput, lebih segar dan berseri-seri.

Cara Membuat Wajah Awet Muda dan Berseri

Produksi kolagen dalam tubuh terutama pada jaringan kulit, terlebih di wajah selalu mengalami penurunan akibat berbagai hal. Lantas bagaimana cara meningkatkan kolagen sehingga Anda senantiasa awet muda?

Apa itu kolagen?

Dikutip dari Healthline, kolagen merupakan jenis protein yang banyak terdapat di dalam otot, tulang, urat, sampai kulit. Zat ini memiliki peran sebagai penyatu tubuh, agar tubuh menjadi lebih kuat.

Nah, disaat jumlah kolagen tinggi di dalam tubuh, akan mengakibatkan Anda nampak lebih muda dan kuat. Sayangnya, proses pembuatan kolagen alami ini dapat menurun bersamaan bertambahnya usia.

Namun, jangan risau dulu, Anda tetap mampu menaikkan persentase kolagen dalam tubuh sehingga Anda nampak awet muda. Baca juga: Mau Tahu Manfaat Collagen untuk Kulit? Ups Ternyata Bukan Hanya Untuk Kulit Saja Lho …

Cara Merawat Wajah Agar Awet Muda dan Segar dengan Menaikkan Kolagen

Sebagian besar orang bergantung pada suplemen dan produk kecantikan untuk meningkatkan produksi kolagen. Faktanya, suplemen yang mempunyai kandungan kolagen bisa menunjang Anda dalam proses ini. Akan tetapi, memang ada cara alami untuk merangsang proses produksi kolagen ini. Bagaimana caranya?

  • Konsumsi makanan yang memiliki kandungan asam amino tinggi seperti susu, ikan, daging, dan telur.
  • Konsumsi makanan yang kaya vitamin A dan vitamin C, antara lain buah dan sayur.
  • Konsumsi makanan yang kaya akan antosianin serta prolin, misalnya keju dan kacang kedelai.

Berbagai jenis makanan tersebut mampu merangsang produksi kolagen di di dalam tubuh secara alami. Namun, bila Anda ingin mencoba untuk suntik kolagen pun sah-sah saja.

Kolagen sintetis disuntikan ke dalam tubuh untuk memicu kolagen alami agar produksi kolagen semakin banyak. Tak cuma itu, Anda juga bisa mengambil manfaat dari krim perawatan yang berkolagen. Akan tetapi, cek dahulu produk kecantikan yang Anda pakai terbukti aman dan sedikit efek sampingnya.

Anda akan sangat memerlukan asupan kolagen sintetis jikalau memasuki umur di atas 40 tahunan. Ketika usia tersebut, kolagen alami yang di produksi di dalam tubuh telah mengalami penurunan.

Tips Awet Muda Untuk Pria dan Wanita

Cara agar awat muda secara alami selain melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan kolagen didalam tubuh, Anda juga sebaiknya menjauhi berbagai hal yang dapat membuat kolagen rusak dan menurun jumlahnya. Apa saja?

  1. Berhentilah merokok

Masih jadi perokok aktif sampai detik ini? Jika Anda tak sudi cepat tua, maka ada baiknya tinggalkan aktivitas tidak baik ini. Bukan cuma kesehatan Anda yang dipertaruhkan, zat-zat di didalam rokok bakal merusak kolagen dan menghambat tubuh untuk memproduksinya.

  1. Kurangi makanan dan minuman manis

Meski Anda suka makanan manis, ada baiknya batasi kebiasaan ini. Pasalnya, terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dapat meyebabkan kolagen rusak. Jadi, waktu kadar gula darah Anda meningkat akibat makan manis, kuantitas hormon insulin juga bakal naik. Nah, terlampau banyak hormon insulin di dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh mengalami peradangan di berbagai jaringan, terutama jaringan yang memproduksi kolagen.

  1. Lindungi diri berasal dari paparan cahaya matahari

Mungkin Anda sudah tahu  kalau terlampau lama terkena sinar matahari bakal menyebabkan kerusakan kulit. Ya, sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh cahaya matahari ini menjadi penyebabnya. Sinar UV dapat mengakibatkan kerusakan kolagen dan bermacam-macam asam amino yang merupakan cikal bakal kolagen. Maka dari itu, perlu diperhitungkan untuk memakai tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan. Nah, dengan perlakuan tersebut semoga cara agar awat muda secara alami dapat sukses anda praktikan.