Mau Tahu Manfaat Collagen untuk Kulit? Ups Ternyata Bukan Hanya Untuk Kulit Saja Lho …

Manfaat collagen untuk kulit memang sudah sering kita dengar bukan, apalagi anda seorang wanita. Sudah pasti tidak asing dengan kata-kata collagen. Ya, karena collagen seringkali di pakai untuk bahan produksi produk kecantikan. Sebenarnya apa itu collagen? Apa saja jenis makanan yang mengandung kolagen? Dan apa manfaat collagen secara lebih luas bagi tubuh? Yuk kita bahas !

Apa itu kolagen(collagen)?

Kolagen (collagen)merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani “kolla” yang memiliki arti lem. Kolagen adalah salah satu jenis protein tubuh yang jumlahnya berlimpah. Hampir di seluruh bagian tubuh terdapat kolagen. Collagen berperan penting dalam menyatukan jaringan tubuh menjadi satu kesatuan yang utuh.  Di dalam tubuh manusia kolagen akan terbentuk secara alami memalui proses sintesis oleh sel fibroblas.

Jenis Makanan Yang Mengandung Kolagen

Setiap wanita yang menginginkan memiliki kulit halus, mulus, kencang, kenyal, dan tampak awet muda, rahasianya adalah memperbanyak mengkonsumsi makanan sehat. Terutama, makanan yang kaya kandungan vitamin C, vitamin A, antosianin, protein, zinc, tembaga, dan alpha-hydroxy acids. Berbagai makanan tersebut dengan takaran tertentu akan sanggup menambah produksi kolagen dalam tubuh.

Vitamin A

Vitamin A merupakan jenis antioksidan yang sanggup memicu produksi kolagen dan menangkal efek negatif paparan cahaya UV. Vitamin A bisa Kita peroleh dengan mengkonsumsi  wortel, tomat, sayuran berdaun hijau, produk susu, mangga, ikan, udang, minyak hati ikan cod, hati sapi, dan telur.

Vitamin C

Sama halnya dengan vitamin A, vitamin C juga sangat bagus untuk merangsang pembentukan kolagen di dalam tubuh dan menghalau tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C dapat mencegah kulit kering, dan menghambat tanda-tanda penuaan dan keriput. Vitamin ini bisa kita peroleh dengan memgkonsumsi jeruk, pepaya, stoberi, brokoli, dan sayuran berdaun hijau.

Protein

Tubuh akan merubah asupan protein yang kita konsumsi menjadi asam amino. Asam amino ini lantas digunakan untuk pembentukan jaringan tubuh dan kolagen. Protein dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan laut, susu, daging, keju, telur, kedelai, kacang, dan ikan.

Antosianin

Selain kedua vitamin di atas, zat antosiain diketahui mampu memicu memproduksi kolagen. Antosianin sendiri merupakan pigmen warna yang terdapat pada buah dan sayuran. Makanan yang memiliki kandungan antosianin yaitu anggur, delima, buah beri, tomat, dan kacang merah.

Alpha hydroxy acids (AHAs)

Alpha-hydroxy acids masuk dalam kategori asam alami yang banyak ditemukan dalam makanan. AHA mampu membantu memicu memproduksi kolagen dengan mengganti serat kolagen usang dengan yang baru. AHA dapat diperoleh di dalam apel, jeruk, anggur, tomat, tebu, dan lemon.

Mineral

Zat mineral misalnya  zinc, selenium, dan tembaga mempunyai peran penting didalam pembentukan kolagen. Zat ini termasuk efektif dalam menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan kulit, menopang kulit melawan bakteri, dan memproduksi kolagen.