Inilah Penyebab Perut Buncit Pada Pria dan Wanita. Ternyata …

HALWANITA.com | Inilah Penyebab Perut Buncit Pada Pria dan Wanita. – Memiliki perut buncit merupakan masalah bagi kebanykan orang. Bagaimana tidak, perut buncit akan membuat penampilah kita kurang optimal, gerak menjadi terbatas, bahkan menjadi lucu. Terutama bagi wanita remaja, memiliki perut buncit bisa saja disangka sedang hamil, padahal tidak hamil. Wah.. malu banget pastinya ya. Hihi ..

Selain itu, perut buncit juga merupakan petanda ada masalah kesehatan pada tubuh kita. Bahkan telah dilakukan penelitian bahwa orang yang terkena stroke, serangan jantung, dan diabetes sebagian besar karena menderita perut buncit yang semakin parah. Maka dari itu, perlu perhatian khusus jika anda mulai ada tanda-tanda perut membuncit.

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria dan Wanita Secara Alami, Cepat dan Aman

Apa peyebab perut buncit?

Untuk mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita agar terhidar dari berbagai masalah kesehatan, maka sangat penting untuk mengetahui berbagai faktor penyebab perut buncit. Nah apa saja penyebab perut buncit pada pria dan wanita? Yuk kita bahas.

1. Malas berolahraga

Salah satu faktor penyebab perut buncit pada pria dan wanita adalah kurang atau jarang melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Padahal aktifitas fisik seperti olahraga boleh dikatakan sangat penting agar proses pembakaran lemak dan kalori tubuh berjalan optimal. Penumpukan lemak bakal terjadi bila Anda malas melakukan olahraga, terutama pada bagian perut yang akan semakin membuncit. Bagi wanita muda bisa saja disangka hamil jika perut buncitnya semakin parah. Agat tidak terjadi demikian, maka tingkatkanlah aktivitas fisik dan lakukan olahraga rutin setiap hari.

2. Suka ngemil

Pola makan yang kurang sehat seperti sering ngemil ternyata dapat meningkatkan resiko mengalami perut buncit. Maka dari itu, usahakan lakukan pembatasan pada ngemil anda. Ambilah cemilan secukupnya saja, segera jauhkan dari wadahnya supaya anda tidak ingin ambil lagi dan lagi. Pilihlah cemilan yang sehat, hindari makanan penyebab perut buncit seperi cemilan yang terlalu manis dan mengadung pemanis buatan.

3. Makan sebelum tidur

Aktivitas makan di malam hari sebaiknya anda tinggalkan terutama pada waktu menjelang tidur. Makan sebelum tidur akan mempercepat anda memiliki perut buncit terlebih lagi bila makanan yang anda konsumsi mengandung gula berlebih. Segera tinggalkan kebiasaan tidak sehat tersebut. Jika anda ingin makan setidaknya berilah jeda waktu 2 jam sebelum tidur. Makan sebelum tidur akan meningkatkan timbunan lemak dalam perut dengan sangat cepat sehingga perut anda menjadi buncit

4. Kurang tidur

Jika kebiasan makan di malam hari adalah faktor kuat penyebab perut buncit, suka begadang dan kurang tidur juga sangat berpengaruh. Agar perut tidak membuncit, usahakan waktu tidur cukup. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 7 – 8 jam waktu untuk tidur dalam sehari. Sebaiknya anda juga menghindari tidur di jam-jam tertentu, misalnya di pagi hari dan sore hari menjelang matahari terbenam.

Cukup tidur akan membuat kadar hormon kortisol selau dalam kondisi normal. Hormon kotisol atau hormon pengendali stress inilah yang biang perut buncit. Hormon stress ini akan mengakibatkan jalannya pencernaan makanan menjadi kurang sempurna jika anda kurang waktu tidur.

5. Minuman beralkohol

Konsumsi alkohol merupakan penyebab perut buncit. Alkohol memiliki kandungan gula dan kalori sangat tinggi yang akan membuat kebutuhan dalam tubuh berlebihan. Selanjutnya akan menumpuk dan tersimpan dalam perut yang menyebabkan perut buncit dan bergelambir. Jika anda gamar mengonsumsi minuman beralkohol sebaiknya hindari mulai sekarang. Konsumsi alkohol selain menyebabkan perut buncit juga sagat tidak baik untuk kesehatan tubuh.

6. Suka Merokok

Penyebab perut buncit pada pria salah satunya karena suka merokok, walaupun pada kenyataannya wanita juga banyak yang merokok. Berdasarkan riset University of Glasgow, ilmuwan menemukan bahwa merokok memang dapat menekan nafsu makan sehingga berat badan sesorang bisa berkurang. Namun tidak untuk bagian perut, kebiasan merokok justru dapat meningkatkan resiko perut membuncit.

7. Jauhi makanan dan minuman cepat saji

Makanan cepat saji umumnya banyak mengandung lemak trans dan berkalori tinggi sehingga bisa meningkatkan resiko obesitas. Oleh karena itu, usahakan sebisa mungkin untuk mengurangi bahkan meninggalkan konsumsi makanan dan minuman cepat saji.

Makanan dan minuman cepat saji memang praktis, namun dibalik itu konsumsi terlalu sering juga tidak baik karena selain beresiko obesitas juga dapat meningkatkan masalah keshatan lain, misalnya gangguan syaraf, gangguan pernafasan dan gangguan kesuburan. Makanan dan minuman penyebab perut buncit ini juga mengandung bahan pengawet.

8. Makanan manis

Makanan manis memang selalu memikat untuk dimakan, namun meningkatnya berat badan akan jauh lebih cepat. Makanan manis juga termasuk faktor penyebab perut buncit.

Mengapa demikian?

Makanan dan minuman manis akan membuat asupan karbohidrat dalam tubuh menjadi meningkat berkali-kali lipat. Apalagi dikonsumsi menjelang tidur, maka cenderung akan disimpan dalam jaringan lemak bawah kulit terutama pada bagian perut. Nah agar perut tidak membuncit sebaiknya hindari makanan yang terlalu manis.

Alternatif jika ingin membuat makanan manis dapat mengganti penggunaan gula pasir dan susu dengan madu.

Demikian faktor penyebab perut buncit pada pria dan wanita yang dapat kamu pelajari dan praktekan. Semoga bermanfaat.