8+ Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Dalam Seminggu

HALWANITA.com — Apakah saat ini kamu sedang menekuni program penurunan berat badan? Apakah kamu teratur menjadwalkan olahraga? Jika ya, berhasilkah langkah itu? Terkadang kita telah berusaha keras olahraga untuk menurunkan berat badan, namun untuk turun 1 kg saja rasanya sulit. Wajar jika banyak orang mencari beraneka cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

CaraMenurunkanBerat Badan Tanpa Olahraga

Jika ada langkah cara diet alami dan cepat tanpa olahraga dalam seminggu, pastinya kamu ingin mencob, bukan? Memang jika tidak berolahraga, berat badan tidak bakal mengalami penurunan yang drastis. Namun, bagi yang tidak punya waktu berolahraga, mungkin ini bisa dilakukan:

1. Mengunyah makanan pelan-pelan

Otak membutuhkan waktu untuk merespon apa yang akan kamu lakukab. Begitupun ketika makan, otak harus dibuat merespon bahwa kamu telah cukup kenyang dan berhenti makan. Mengunyah makanan dengan palan dan menikmati rasa makanan tersebut, kemudian menelannya dapat memberikan kesadaran bahwa kita sedang makan. Itu yang disebut mindful eating.

Kamu mungkin sering terasa tidak merasa benar-benar makan ketika sedang makan lantaran otak berkelana mengayalkan pekerjaan, tugas sekolah, tugas di rumah, dan sebagainya sehingga otak tidak mempunyai waktu untuk merespon bahwa kamu sudah kenyang. Menguyah makanan pelan-pelan mampu menambah rasa kenyang, tak sekedar itu makanan juga mampu dicerna sempurna oleh enzim-enzim yang berada di mulut. Alhasil, kalori yang masuk pun berkurang.

Dikutip Authority Nutrition dari 23 observasi penelitian menghasilkan bahwa pemakan cepat akan lebih cepat berat badannya naik jika dibandingkan dengan pemakan santai.

2. Pakai piring kecil

Piring, mangkuk atau wadah makanan memang bermacam-macam ukurannya. Pilihlan piring kecil di rumah dan atau ketika makan di luar. Jika anda membeli jajanan yang tidak sehat, manfaatkan piring ukuran kecil tersebut. Hal ini mampu menjadi strategi untuk otak. Piring kecil akan memicu makanan terlihat lebih banyak, otak pun bakal mersepon seperti itu. Jika anda mengambilnya dengan piring kecil, porsi jajanan tidak sehat yang anda akan makan akan menjadi lebih sedikit. Kamu bisa melakukan kiat sebaliknya pada makanan sehat, taruh makanan sehat di piring yang lebih besar.

3. Konsumsi banyak protein

Protein mempunyai manfaat untuk menambah perasaan kenyang sehingga bisa mendukung mengrangi kalori. Hormon ghrelin—hormon yang menstimulasi rasa kenyang—dan GLP-1 mampu dirangsang oleh protein. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Authority Nutrition, peserta terbantu untuk makan 441 lebih sedikit kalori per hari, alhasil mampu turunkan berat badan kurang lebih 4 kg selama 12 minggu, tanpa membatasi apa pun, hanya dengan menambah asupan protein 15-30 persen.

Kita bisa memperoleh protein dari telur untuk menu sarapan. Makan telur untuk sarapan diyakini akan meredam asupan kalori lebih sedikit untuk makan siang, bahkan selama sehari dan dalam 36 jam ke depan. Protein juga bisa ditemukan pada dada ayam, ikan, kacang almond,  dan Greek yogurt.

4. Jangan taruh makanan yang tidak sehat di area yang terlihat

Menaruh jajanan atau makanan yang tidak sehat di area terlihat akan membuat kita tergiur memakannya lagi. Menyamil yang tidak sehat akan mudah meningkatkan berat badan. Sering kali, kita meletakan makanan tinggi kalori di tempat yang terbuka, mudah dilihat, dan juga memiliki area yang lebih banyak dibandingkan tempat untuk meletakan buah. Jika kamu masuk dalam kategori ini, sebaiknya mulai merubah caranya sekarang.

5. Perbanyak makanan yang mempunyai kandungan serat

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang efekktif yaitu dengan memperbanyak konsumsi serat. Makanan yang berserat tinggi akan mendukung kita tetap kenyang dalam tempo waktu yang lebih lama. Salah satu tipe serat, yakni serat kental, bisa membentuk gel ketika terkena air. Gel ini bakal memperlambat waktu untuk penyerapan nutrisi dan menghambat pencernaan, alhasil lambung tidak mudah kosong. Serat kental jenis ini dapat kita temukan di sereal gandum, buah, sayuran, biji rami, dan kacang-kacangan. Selain itu, kamu bisa juga memperolehnya pada suplemen glucomannan.

6. Meminum Air Putih Sebelum Makan

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang paling mudah adalah dengan meminum air putih sebelum makan. Ini akan membuat asupan kalori yang masuk menjadi lebih sedikit. Dehidrasi juga akan membuat rasa lapar, dikarenakan ketika dehidrasi, otak akan salah menangkap sinyal tubuh, dan menterjemahkannya sebagai rasa lapar. Meminum kurang lebih 0,5 liter air setengah jam sebelum kamu makan, akan kurangi rasa lapar. Peserta penelitian yang melaksanakan langkah ini, berat badannya berhasil turun lebih kurang 44% dalam 12 minggu dibanding yang tidak melaksanakan cara ini. Usahakan yang kamu minum adalah air putih dan hindari minuman manis.

7. Ubah porsi makan menjadi lebih sedikit

Awalnya akan terasa sulit. Namun setelah berhasil, maka kamu akan terbiasa dengan porsi makan sedikit. Sebaliknya jika kamu terbiasa dengan porsi makan banyak, maka bakal terdorong untuk memakan porsi lebih banyak dikala lapar. Porsi makan yang besar hanya akan menimbulkan risiko obesitas.

8. Hindari makan sambil lakukan hal lain

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ketika sedang makan sebaiknya jangan berpikir hal lain atau melakukan tugas lain. Hindari makan sambil menonton TV atau mengarjakan tugas di depan komputer. Orang yang terdistraksi selagi makan, dapat meningkatkan asupan kalori sekitar 25% dibanding yang tidak terdistraksi.

9. Jaga pola tidur dan jauhi stres

Jika kurang tidur, hormon leptin (hormon perangsang rasa lapar) dan hormon ghrelin akan terganggu. Sedangkan, stres akan menaikkan produksi hormon kortisol, hormon ini akan mengganggu kinerja hormon-hormon lain. Jika kinerja hormon tersebut terganggu, rasa lapar dan rasa ingin makan akan menjadi meningkat.

10. Aktif bergerak

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga bukan berarti tidak melakukan gerak sama sekali. Kita dapat membakar kalori dengan membersihkan rumah, aktivitas jalan-jalan, bahkan menaiki tangga. Berdasarkan fisiologi olahraga dan pelatih khusus di Northem, California yang dikutip Prevention.com, “nyalakan musik, tambahkan semangat yang membara, dan nikmati gerakanmu.” Kamu dapat pergi belanja makanan atau kebutuhan sendiri, tanpa minta tolong orang lain. Membawa barang belanjaan dapat menjadi olahraga sederhana yang dapat membakar kalori tanpa disadari.

Jika ingin ke toilet, pilihlah toilet yang lebih jauh, begitu juga dengan meletakan kendaraan di parkiran dan memilih tempat makan. Ketika ingin pergi ke lantai di suatu gedung, mungkin kamu bisa memilih manfaatkan tangga sebagai alternatif dibandingkan lift.